Selasa, 29 Mei 2012

MONITORING EVALUASI KRPL DI DESA PULOSARI

KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) merupakan program nasional berbasis pemanfaatan sumberdaya pekarangan dengan melibatkan ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK sebagai pelaksanya. Keterlibatan ibu-ibu di desa Pulosari kecamatan Ngunut dalam program ini merupakan poin tersendiri dimana mereka mau dan menjadi mampu dalam bercocoktanam sayuran, buah-buah, berbudidaya ikan lele serta beternak ayam.


Pada tanggal 26 Mei 2012 kegiatan KRPL desa Pulosari dikunjungi oleh Tim Monitoring dan Evaluasi dari BKPP propinsi Jawa Timur. Monitoring dan evaluasi ini dimaksudkan untuk melihat kegiatan yang telah dijalankan selama ini serta pengecekan terhadap bantuan yang telah diterima berupa benih, bibit, ternak,bahan-bahan untuk kandang, green house serta kelengkapan untuk bercocok tanam misalnya selang air, polybag dll.


Dalam kesempatan tersebut, pak Yudo sebagai salah satu rombongan tim dari propinsi berpesan bahwa KRPL haruslah merupakan kawasan yang tetap dilestarikan dalam arti tidak hanya hari ini menanam besok dibiarkan tetapi secara terus-menerus ibu-ibu telaten dalam merawat tanaman dan ternaknya. Selain itu beliau juga berharap agar dengan pemanfaatan pekarangan bisa terwujud ketahanan pangan. Melonjaknya harga cabe misalnya bukan merupakan masalah bagi ibu-ibu jika mau menanam cabe di pekarangan masing-masing. Harapan ini juga tersirat dari antusias para ibu yang sempat melontarkan beberapa pertanyaan saat berdiskusi dalam kesempatan tersebut.


Monitoring evaluasi juga dimaksudkan untuk memeriksa kelengkapan administrasi / pembukuan sebagai dokumentasi kegiatan di lapangan. Pembukuan dibuat guna pembelajaran bagi Ibu-ibu agar melakukan kegiatan  bisa dipertanggungjawabkan  / akuntable. Tim juga memberikan pembanding desa lain yang telah sukses dalam melaksanakan KRPL yaitu salah satu desa di daerah Pacitan, dimana desa tersebut dikunjungi presiden. Tidak menutup kemungkinan desa Pulosari juga akan mengikuti jejak desa-desa lain yang telah sukses. Dukungan masyarakat dan ketekunan ibu-ibu merupakan upaya untuk sukses dengan motto KRPL : Belanja hemat, keluarga sehat, masyarakat hebat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar